Selasa


Media Transmisi

MEDIA TRANMISI

                Transmisi adalah proses membawa informasi antar end points di dalam sistem atau jaringan. Dalam suatu jaringan telekomunikasi, sistem transmisi digunakan untuk saling menghubungkan sentral (router). Keseluruhan sistem transmisi ini disebut jaringan transmisi atau jaringan transport / transport network (Tutun Juhana, 2006).
                Sebelumnya, perlu diketahui bahwa saluran komunikasi dibagi menjadi 2, yaitu:
1. Transmisi Dengan Kabel, seperti twisted wire, coaxial cable, dan fober optic.
2. Transmisi Tanpa Kabel (Wireless), seperti microwave, satellite, dan cellular phone.

Media Transmisi Kabel
                Secara umum, kabel transmisi yang digunakan dalam jaringan terdiri atas 3 macam, yakni kabel berpasangan Twisted-Pair Wire cable, Kabel koaksial, dan Kabel serat optic.
1.Twisted-pair Wire cable dibagi menjadi 2 yaitu :  

Shielded twisted-pair cable (STP)
                Shielded twisted-pair cable (STP) memadukan tehnik shielding (pembungkusan), cancellation, dan twisting of wires. STP memberikan ketahanan dari interferensi elektromagnetik dan interferensi frekuensi radio tanpa menunjukkan penambahan berat atau ukuran kabel yang signifikan. 

                Tipe STP yang lain adalah yang dibuat untuk instalasi token ring, dikenal dengan 150 ohm STP. Selain keseluruhan kabel dibungkus, masing-masing twisted pair-nya juga dibungkus untuk mengurangi crosstalk. STP jenis ini juga harus di-ground pada 2 ujungnya. Kabel STP jenis ini membutuhkan insulasi (isolasi) yang lebih banyak, dan shilelding yang lebih banyak pula.      

Karakteristik STP:
•Speed dan Throughput: 10 – 100 MBps
•Harga: lebih mahal dibandingkan UTP
•Ukuran media dan konektor : medium to large
•Panjang kabel maksimum: 100 m

Unshielded twisted-pair cable(UTP)
                Unshielded twisted-pair cable(UTP) merupakan media yang tersusun atas 4 pasang wire dan digunakan untuk bermacam-macam network. Twisting pada setiap pasang kabel dilakukan untuk menghasilkan efek cancellation, sehingga dapat membatasi degradasi yang disebabkan oleh interferensi elektromagnetik dan interferensi frekuensi radio. Untuk lebih mengurangi crosstalk antara pair dalam UTP, jumlah lilitan (twisting) pada setiap pair berbeda.
Kelebihan UTP:
• Mudah diinstal
• Lebih murah dibandingkan tipe media yang lain
• Memiliki diameter kecil, sehingga mempermudah dalam membuat saluran kabel   
Kekurangan UTP:
•Lebih mudah terkena interferensi elektromagnetik dan noise
•Jarak maksimum kabel lebih kecil dibandingkan dengan kabel koaksial 

Kabel Coaxial



                Kabelcoax ial terdiri atas sebuah konduktor silindris luar mengelilingi sebuah wire di dalamnya, yang terdiri atas 2 elemen utama. Elemen yang terletak di tengah, merupakan sebuah konduktor tembaga. Bagian ini dikelilingi oleh lapisan insulasi. Setelah material insulasi ini terdapat anyaman tembaga yang menjadi wire kedua dalam sirkuit, sekaligus sebagai bungkus dari konduktor yang terletak di dalam. Layer kedua ini berfungsi untuk mengurangi interferensi luar. Bagian ini kemudian ditutup dengan jacket.

Keuntungan menggunakan kabel coaxial:
•Jarak maksimum kabel lebih panjang dibandingkan UTP dan STP
•Lebih murah dibandingkan dengan fiber optik
•Memiliki kemampuan menolak noise yang cukup baik
Kekurangan :
•Tebal, sehingga susah dalam instalasi dibandingkan twisted pair
•Jika kedua ujungnya tidak di-ground (dilakukan dengan memastikan adanya koneksi elektrik yang solid di kedua ujung) dengan baik, maka akan mengakibatkan masalah dalam koneksi.

Fiber Optik


                Berikut ini karakteristik dari kabel fiber optik:
   Speed dan throughput lebih dari 100MBps
   Harga paling mahal dibandingkan media yang lain
   Tidak mudah terkena interferensi elektromagnetik
   Single mode: 1 stream of laser generated light
   Multimode: multiple stream of laser generated light

                Kabel fiber optik terdiri atas 2 fiber yang tersimpan dalam bungkus yang berbeda. Jika dilihat penampang atasnya akan terlihat bahwa setiap optical fiber dikelilingi oleh lapisan pelindung, biasanya terbuat dari plastik contohnya Kevlar, dan sebuah jacket luar. Jacket luar ini melindungi keseluruhan kabel. Tujuan dari penggunaan Kevlar adalah untuk pelindung tambahan untuk fiber glass yang tipis.

                Bagian pelindung dari sebuah fiber optik disebut dengan core dan cladding. parts of an optical fiber are called thec ore and thecladd ing. Core biasanya terdiri atas kaca dengan index bias yang tinggi. Jika core dibungkus dengan lapisan cladding yang\ terbuat dari plastik dengan index bias rendah, maka sinar dapat ditangkap di core fiber. Prises ini disebut dengan total internal reflection.
Media transmisi nirkabel

                Media transmisi nirkabel adalah bidang yang berkaitan dengan komunikasi antar sistem komputer dan beberapa macam peralatan telekomunikasi tanpa menggunakan kabel. Jaringan nirkabel ini sering dikenal sebagai jaringan telekomunikasi, dan banyak dipakai untuk jaringan komputer baik pada jarak yang dekat (beberapa meter, memakai alat/pemancar bluetooth) maupun pada jarak jauh (lewat satelit) yang telah di jelaskan di atas. 

                Jaringan nirkabel biasanya menghubungkan satu sistem komputer dengan sistem telekomunikasi yang lain dengan menggunakan beberapa macam media transmisi tanpa kabel, seperti: gelombang elektromagnetik, gelombang radio, gelombang mikro, gelombang satelit, maupun gelombang inframerah. Teknologi jaringan nirkabel sebenarnya terbentang luas mulai dari komunikasi suara sampai dengan jaringan data, yang mana membolehkan pengguna untuk membangun koneksi nirkabel pada suatu jarak tertentu. 

Ada 4 jenis media nirkabel diantaranya :
  Transmisi inframerah
  Siaran radio
  Radio microwave
  Satelit komunikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar